Menu Makanan Sehat Selama Puasa

Menu Makanan Sehat Selama Puasa - Bulan suci Ramadhan memang bulan yang sangat dinanti oleh seluruh umat muslim, dibulan suci ini seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Dalam berpuasa kita tentunya harus menjaga kondisi tubuh kita agar bisa melaksanakannya dengan sempurna tanpa ada kendala apapun seperti sakit dan lain-lain.
Menu Makanan Sehat Selama Puasa

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan, salah satunya faktor asupan gizi yang kita konsumsi dimulai pada saat sahur dan buka puasa. Baiklah berikut ini beberapa makanan sehat yang baik pada saat kita akan menjalankan puasa, silahkan disimak.

Menu Makanan Sehat Selama Puasa
Beras merah
Nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. dengan mengkonsumsi nasi merah maka akan membuat kita kenyang lebih lama dan juga mengontrol kadar gula. Selain itu nasi merah baik dikonsumsi untuk buka puasa maupun pada saat sahur.

Hindari makanan yang tidak mengandung nutrisi.
Selama kita menjalankan puasa, alangkah lebih baiknya jika kita menghindari makanan putih, seperti gula pasir, roti tawar, dan nasi putih. Karena bahan panganan tersebut tidak mengandung nutrisi yang mencukupi bagi kebutuhan tubuh. Bila kita ingin memakan roti atau nasi, pilihlah roti gandum serta nasi merah yang memiliki serat tinggi.

Sayuran berdaun hijau
Tubuh kita membutuhkan suplai vitamin dan juga serat tentunya semua itu bisa kita dapatkan pada sayuran berdaun hijau. Sayur berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja terlampau keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengkonsumsi apapun. Tips sederhana dalam memasak sayuran lebih baik kita tumis sayuran tersebut atau di sayur akan tetapi jangan sampai layu  dalam pengolahannya karena akan banyak kandungan vitamin yang hilang.

Pilih makanan yang mengandung banyak air.
Selama menjalankan puasa tentunya tubuh akan lebih mudah kekurangan air untuk mengembalikan stok cairan dalam tubuh, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Misalnya semangka, labu, pir, jus sayuran, atau air kelapa.

Jauhi makanan berminyak
Nah makanan yang satu ini yang mungkin sering kita konsumsi, alangkah lebih baik jika kita menjauhi makanan yang digoreng apalagi sampai minyaknya masih pada nempel. salah satu makanan yang berminyak Ayam goreng, kentang goreng, bahkan tempe goreng dan bakwan begitu menggoda kala berbuka puasa. Namun ternyata, panganan yang diolah dalam penggorengan dan minyak tidaklah bagus dikonsumsi ketika iftar. Sebab, kandungan minyak yang ada di dalamnya membuat makanan ini sulit dicerna oleh tubuh. "Ada baiknya menyantap makanan pembuka yang dipanggang, bukan digoreng."

Konsumsi buah-buahan
Buah-buahan segar bagus bagi tubuh kita dan dapat membantu tubuh untuk menyesuaikan diri sebelum mengkonsumsi makanan lain, alangkah lebih baik jika kita mengkonsumsi buah-buahan meskipun sedikit pada saat kita berbuka puasa. Karena vitamin yang ada pada buah-buahan membuat tubuh merasa segar.

Kacang-Kacangan
Pada saat berbuka puasa sangat dianjurkan kita mengkonsumsi sayuran dan kacang-kacangan. Kacang-kacangan dikenal mengandung protein yang tinggi. Kita bisa membuat sayur asam atau sayur bayam yang ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya. Protein dibutuhkan oleh tubuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi untuk buka puasa.

Kurangi makanan mengandung karbohidrat tinggi.
Jika kita mengkonsumsi karbohidrat tinggi seperti kentang goreng, nasi putih beserta lauk karena makanan seperti itulah yang harus dijauhi karena setelah dicerna karbohidrat akan berubah menjadi gula, dan dalam tubuh gula akan menyedot energi kita. alangkah lebih baik kita kurangi jangan terlalu berlebihan.

Menjaga tubuh kita saat menjalankan ibadah puasa tentunya sangat diperlukan agar pada pelaksanaannya bisa memperoleh hasil yang sempurna. Jangan terlalu berlebihan pada saat kita berbuka puasa usahakan minum terlebih dahulu dan bisa dibarengi dengan memakan buah kurma, jika sekiranya sudah cukup baru kita makan tentunya jangan sampai tergesa-gesa makanlah secara perlahan dan tidak berlebihan.

Semoga informasi yang saya berikan bisa berguna juga bermanfaat bagi sobat semua dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan.
terimakasih
Sobat sedang membaca artikel yang berkategori Health / Info / Tips dengan judul Menu Makanan Sehat Selama Puasa. Sobat bisa bookmark halaman ini dengan URL https://bunda-kecilku.blogspot.com/2013/07/menu-makanan-sehat-selama-puasa.html. Terima kasih atas kunjungannya!
 
Copyright Bunda Kecilku All Rights Reserved